Pengikut

Selasa, 14 Maret 2023

LDK di Tempat Wisata

LATIHAN dasar kepemimpinan (LDK) untuk pengurus OSIS dan organisasi internal SMK Negeri 1 Galang di laksanakan di Alfiry Beach salah satu destinasi wisata pantai di sisi utara desa Lalos Tolitoli. LDK dilaksanakan hari jum'at sampai minggu, 10 s.d 12 Maret 2023. Diikuti oleh 35 peserta, terdiri dari : 23 pengurus OSIS, 4 pengurus PIK Remaja Mutiara, 2 pengurus PMR, dan 6 perwakilan Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

Keberhasilan pelaksanaan LDK tidak lepas dari kerja sama tim fasilitator yang terdiri dari guru dan staf SMKN 1 Galang. Berikut tim fasilitator yang terlibat:  Abdullah, Marini, Herawati, Rahmat, Andi dan Ari Wijaya. Semua dibawah koordinasi langsung pak Irpan Paputungan sebagai wakasek kesiswaan.

Tim Fasilitator LDK


Tim fasilitator bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan LDK, menyediakan dan menyiapkan fasilitas yang diperlukan, seperti: jadwal pelaksaan LDK, negosiasi tempat pelaksanaan, menyusun materi kegiatan, menghubungi pemateri, menyiapkan akomodasi, menyiapkan perlengkapan games dan outbound serta memastikan keamanan peserta dari awal hingga akhir kegiatan.

Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik dan solid seluruh rangkaian kegiatan LDK bisa berjalan aman dan lancar. Meski ada sedikit tantangan alam. Hujan turun di sore itu, sabtu 11 Maret 2023. Namun kegiatan tetap berjalan baik. Semua peserta dapat mengikuti sesi acara dengan bahagia. Itu terlihat dari kegembiraan dan antusias mereka saat mengikuti materi maupun games. 

Manfaat LDK di Luar Sekolah

LDK di arena wisata terbilang baru bagi SMK Negeri 1 Galang. Kegiatan yang diinisiasi oleh wakasek kesiswaan ini merupakan kegiatan yang pertama. Sehingga wajar jika peserta begitu bersemangat mengikutinya. Kegiatan LDK di luar sekolah memiliki daya tarik tersendiri dibanding kegiatan di kelas seperti umumnya kegiatan sekolah.

Meskipun di luar sekolah dan di tempat wisata pula, pelaksanaan LDK terbilang efisien. Budget pelaksanaan murah. Setidaknya masih seimbang antara budget yang di keluarkan dengan fasilitas dan manfaat yang diterima oleh peserta kegiatan. Dukungan sarana juga cukup lengkap, meski lebih terbuka.



Melalui tim fasilitator, satu paket fasilitas kegiatan sudah disiapkan. Sebuah Villa untuk fasilitator yang dapat menampung 15 orang. Dua buah gazebo sebagai tempat tidur, diskusi, belajar dan menerima materi. Taman di belakang gazebo dan pantai pasir putih yang luas di depan gazebo menjadi tempat pelaksanaan outbound dan games. Untuk kegiatan pembukaan dan penutupan, disediakan tempat khusus tepat di tengah taman. Di sebelah kanan gazebo, disudut tembok tersedia dapur, pembakaran ikan dan tempat cuci piring.

Lengkap. Tinggal menyediakan ikannya saja. Kebetulan malam minggu, beberapa guru menyempatkan diri mengunjungi tempat kegiatan. Mereka ternyata membawah ikan bandeng segar. Saat bapak ibu guru menikmati keindahan pantai, beberapa anggota tim fasilitator dengan sigap menyiapkan pembakaran ikan. Waw .... aroma bandeng bakar menyebar menggoda selera. Hitung-hitung healing sambil memberikan suport kepada tim pelaksana dan peserta LDK.

Melaksanakan kegiatan di luar sekolah kadang-kadang memang diperlukan. Selain berfungsi untuk memberikan pengalaman baru, melaksanakan kegiatan di luar sekolah, juga banyak manfaatnya, khususnya kepada siswa.

Coba perhatikan penjelasan Bucher dalam materi kuliah yang ditulis oleh Yudanto (FIK UNY). Bucher mengatakan bahwa secara khusus pendidikan di luar kelas dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
  1. Siswa belajar untuk hidup secara demokratis bersama anak-anak lain dan orang dewasa
  2. Siswa dapat belajar lebih banyak mengenai lingkungan fisik dan pentingnya kekayaan alam
  3. Kontribusi dan apresiasi terhadap aktivitas di luar ruang akan memperkaya dan meningkatkan kualitas hidup
  4. Kualitas hidup yang dimaksud akan membentuk mereka menjadi warga negara yang baik. Kualitas yang akan berkembang seperti: memiliki rasa tanggung jawab, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja sama, dan jujur
  5. Mereka akan memberikan apresiasi yang lebih baik terhadap pentingnya kesehatan dan kebugaran
  6. Kecintaan untuk bertualang, yang biasanya sangat digemari oleh anak-anak dan remaja, akan tersalurkan melalui kegiatan luar kelas
  7. Siswa dirangsang untuk belajar tentang segala sesuatu yang terdapat di alam dan melihat serta dapat mengkaitkannya dengan materi pelajaran di kelas
  8. Siswa belajar untuk mengandalkan kemampuannya sendiri dalam mempraktekkan aturan-aturan hidup yang sehat
  9. Siswa juga belajar beberapa aturan dasar keselamatan (basics rules of safety)

Belajar di luar kelas oleh Bucher semakna dengan belajar di luar sekolah. Dengan demikian kegiatan LDK yang dilaksanakan di alam terbuka di tempat wisata Alfiry Beach merupakan inovasi dan kreativitas yang sangat positif.

Tempat Wisata Alfiry Beac

Alfiry Beach adalah tempat wisata yang terletak di Desa Lalos Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Tempat ini dapat di akses dengan berbagai jenis kenderaan. Baik mobil, motor, maupun kenderaan lainnya. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Akses jalan aspal yang mulus membuat tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Bahkan dari SMK Negeri 1 Galang hanya kurang lebih 1 km.

Alfiry Beach menyajikan view pantai yang indah mempesona. Pantainya masih satu jalur dengan bentangan pantai lalos yang panjang membujur dari selatan ke utara. Disisi kanan Alfiry terdapat tanjung yang menjorok ke laut, sangat eksotik. Batu cadas hitam yang menempel ke sisi gunung (tanjung) menjadi ornamen pemanis, kontras dengan pasir pantai keemasan, menawarkan pemandangan alami yang dapat menghipnotis netra pengunjung. Apalagi jika di sore hari...hemm.

View Pantai dan Tanjung di Alfiry Beac


Destinasi wisata alfiry beach dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan wisawatan. Villa bernuansa klasik berjejer rapi siap menyambut pengunjung yang ingin bermalam menikmati indahnya pantai. Fasilitas Villa juga terbilang sangat baik, dilengkapi dengan pendingin ruangan, televisi, kamar mandi excellent dan tempat tidur yang nyaman.

Bila ingin menikmati sejuknya angin laut yang menghembus lembut di sore hari, tembok pembatas yang membentang dibibir pantai dapat menjadi tempat duduk yang nyaman. Pengunjang juga dapat memilih gazebo unik dari kayu kelapa dan bambu sebagai tempat bersantai. Gazebo yang terletak di depan pantai membuat pengunjung leluasa menikmati indahnya lukisan alam yang artistik. Eits, jangan khawatir, gazebonya cukup luas. Mampu menampung lebih dari 15 orang. Artinya cukup leluasa untuk satu keluarga.

Masih banyak fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Ada arena bermain anak. Taman yang dilengkapi berbagai ornamen, seperti figura hewan liar, tempat duduk eksotis yang terbuat dari limbah kayu. Pohon rindang tertata rapih menyejukkan menjadi pemanis taman membuat pengunjung betah duduk berlama-lama. Saat ini di alfiry beach bahkan sudah tersedia arena wisata air. Waterboom.

Pengunjung tinggal memilih, mau mandi di kolam luas tak terbatas. Tersedia pantai indah bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu menghampiri pasir. Sangat aman untuk berenang atau sekedar bermain pasir. Namun jika ingin menikmati air tawar dingin, waterboom siap memberikan sensasi hempasannya. Tentu pengunjung boleh menggunakan keduanya dengan puas.

Destinasi wisata Alfiry juga terbilang murah. Cukup dengan biaya Rp. 15.000,- perorang, wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas yang tersedia. Memang kalau mau menginap, pengunjung masih harus membayar sewa Rp. 500.000, per Viilla. Namun, pengunjung juga bisa membawa keluarga besarnya. Satu villa bisa menampung 15 orang, meski tidak harus diisi orang sebanyak itu. Pokoknya cukup luas.

Melatih Kepemimpinan

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) merupakan kegiatan sekolah yang bertujuan melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini menjadi wadah bagi siswa terutama para pengurus organisasi internal sekolah untuk mengekspresikan sekaligus menggali potensi diri sebagai pemimpin. 

Melalui kegiatan LDK diharapkan tertanam jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada para peserta. Setelah mengikuti LDK, kegiatan berorganisasi mestinya semakin baik. Para pengurus organisasi sudah dapat mengelola organisasi dengan manajemen yang baik, terukur, dan akuntabel. Kemampuan mengelola kegiatan lebih mandiri. Tidak lagi bergantung sepeuhnya pada guru. Guru tinggal memfasilitasi, sedangkan siswa atau pengurus mengambil peran utama sebagai pelaku dan pemimpin kegiatan.  

Secara khsusus beberapa manfaat LDK  yaitu:

1. Melatih Rasa Percaya Diri

2. Belajar untuk Menyelesaikan Masalah.

3. Mengasah Kemampuan Organisasi

4. Memupuk Sifat Kepemimpinan

5. Sarana Pengembangan Diri

Melalui LDK peserta juga dilatih berpikir memecahkan masalah melalui kegiatan yang dirancang khusus dalam bentuk games maupun outbound. Kemampuan memecahkan masalah merupakan kompetensi yang penting dimiliki setiap orang agar mereka tetap survive meskipun menghadapi tantangan hidup yang berat. Kemampuan ini dilatih melalui permainan yang menyenangkan, tetapi penuh makna dan filosofi hidup.

Persiapan Outbound Malam Hari


Salah satu games yang dimainkan adalah games the perfect square atau kubus sempurna. Permainan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kepemimpinan, meningkatkan komunikasi, dan membangun kepercayaan antar anggota tim atau kelompok.

Cara bermain kubus sempurna terbilang mudah. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Boleh 9-10 orang perkelompok. Semua peserta di kelompok masing-masing diminta berdiri dan saling berhadapan membentuk sebuah lingkaran. Lalu mata setiap peserta ditutup dengan kain. Selanjutnya  setiap peserta mundur beberapa langkah. Dalam waktu yang telah ditentukan, peserta harus maju kembali dan membentuk kubus yang sempurna dengan mata tertutup. Kelompok yang bisa membentuk kubus paling sempurna ialah yang memenangkan permainan.

Disore hari peserta melaksanakan outbound di pantai. Peserta semuanya bergembira. Fasilitator senang dan bangga bisa memberikan games-games menarik kepada peserta.

Games dan Outbound di Pantai Lalos

Materi yang diberikan pada kegiatan LDK bukan hanya materi kepimpinan. Peserta juga menerima materi khusus tentang genre. Materi ini bertujuan memberikan informasi yang berkaitan dengan penyiapan diri remaja menyongsong kehidupan berkeluarga yang lebih baik. Menyiapkan pribadi yang matang dalam membangun keluarga yang harmonis, serta memantapkan perencanaan dalam menata kehidupan untuk keharmonisan keluarga. Materi disampaikan oleh Ibu Isnawaita, SP. Beliau pembina PIK Remaja Mutiara Galang. 

Disamping itu, peserta juga mendapat edukasi tentang pengendalian dan pemanfaatan sampah. Edukasi terkait sampah disampaikan langsung oleh ketua masyarakat peduli sampah Kabupaten Tolitoli bapak Wiyatmoko. Melalui sajian materi tentang sampah peserta diharapkan memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekaligus tau cara mengelola sampah dengar benar. 

Penutupan LDK 

Kegiatan bermain di alam terbuka membuat peserta LDK bersemangat dan antusias. Hembusan udara segar dengan pemandangan yang memanjakan mata menjadi suplemen spesial saat menerima materi yang disajikan. Alhasil waktu tiga hari pelaksanaan LDK tidak terasa sudah berlalu. Para peserta harus mengakhiri kegiatan.

Kegiatan penutupan berlangsung dengan hikmat. Upacara penutupan di pimpinan langsung oleh kepala sekolah. Para peserta berbaris rapih dengan pakaian olahraga. Tim fasilitator berbaris dengan tertib di sisi lainnya. Wakasek yang hadir duduk di tribun. Setelah memberikan sambutan kepala sekolah akhirnya menutup kegiatan LDK dengan resmi.

Wassalam.

Galang, 13 Maret 2023
Oleh: Muliadi

5 komentar:

  1. Maaf pak materix TDK disebutkan materi apa semuax yang diterima oleh siswa

    BalasHapus
  2. Kegiatan yang sangat luar biasa walaupun persiapan masih minim tapi karena ke kompakan para guru pendamping dan support dari pimpinan yang sangat membangkitkan dalam kerja sama tim. Sehingga melalui kegiatan LDK ini dapat membantu terbentuknya karakter dan kepribadian yang tangguh sehingga para siswa bisa menjadi pemimpin masa depan yang sukses.. .

    BalasHapus
  3. Luar biasa, kegiatan yang sangat menyenangkan, banyak moment berharga saat kegiatan berlangsung. Kita bisa saling mempererat jalinan silaturahmi antara guru dan siswa. Kegiatan tersebut berlangsung penuh kegembiraan, dikarenakan mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah, Wakasek, dan Para Guru yang sangat Hebat.

    BalasHapus
  4. Kegiatan yg sangat menyenangkan yang begitu luar biasa,,semangat dan kekompakan para guru pendamping,,suport dari bapak pimpinan dan Wakasek bidang kesiswaan yg begitu hebat dan bersemangat sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar...kegiatan LDK ini melatih kepribadian para siswa menjadi lebih percaya dirii,,dapat mengatasi setiap masalah yg dihadapii,,dan dapat mempengaruhi lingkungan sekitar agar menjadi lebih baik.....Next tahun depan lebih baik lgii.

    BalasHapus