Pengikut

Selasa, 02 April 2024

Rumus 3M


Apa yang dapat disimpulkan dari fakta-fakta ini. Setidaknya ada 5 hal, yaitu:

1. Secara akumulatif kinerja SMK Negeri 1 Galang mengalami penurunan dari TP 2022/2023 ke TP 2023/2024

2. Penyumbang terbesar menurunnya kinerja SMK Negeri 1 Galang umumnya berasal dari guru-guru yang mengikuti PPG, Cuti, Izin sakit, dan seleksi P3K

3. Penyumbang lainnya berasal dari guru yang tidak memiliki alasan nomor 2

4. Konsistensi wali kelas dalam melakukan pencatatan kehadiran guru di kelas relative rendah

5. Terdapat beberapa kelas yang mengalami trend positif  

Menurunnya kinerja pembelajaran ini nampaknya cukup berpengaruh signifikan terhadap menurunnya prestasi peserta didik, baik akademik maupun non akademik. 

Hal ini sangat kontras dengan peningkatan fasilitas Pendidikan yang diterima SMKN 1 Galang dari pemerintah melalui berbagai bantuan, seperti bantuan DAK, bantuan pembelajaran Tefa, serta bantuan lainnya.

Dana BOS dan BOSDA yang diharapkan dapat meningkatkan performa kinerja personil yang berdampak pada kualitas pelayanan ternyata masih jauh dari harapan.

Pelatihan-pelatihan, workshop yang menghabiskan banyak biaya dan Waktu belum mampu mengangkat kinerja secara kuantitatif maupun secara kualitatif, sebagaimana yang ditunjukkan oleh data performa dalam pembelajaran yang diperoleh melalui jurnal maupun melalui kegiatan supervisi.

Peningkatan kesejahteraan guru dan staf yang digadang-gadang akan mampu mengangkat prestasi kerja dan profesionalisme, ternyata baru mampu mengangkat semangat menyelesaikan administrasi sertifikasi dan non sertifikasi.

Apakah bersemangat mengurus administrasi itu salah, sama sekali tidak salah, bahkan memang harus bersemangat. Namun, semangat yang sama semestinya mengalir sampai jauh pada pelaksanaan tugas. 

Konsisten, istiqamah, tidak kendor, tidak abai, dan tidak menganggap remeh meninggalkan tugas. Peduli, respek, empati, dan mau bekerja sama, bukan hanya mengajar, tetapi juga mendidik, menjaga lingkungan, menciptakan lingkungan yang kondusif, yang nyaman, yang aman, indah, bersih, harum setiap hari, setiap Waktu, di halaman sekolah, di kebun, di taman, di WC, di rumah dinas, di kelas, di Masjid, dan di semua lingkungan sekolah.

Tentu peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan berbagai fasilitas Pendidikan yang di peroleh menjadi tantangan yang perlu dijawab bersama. Bukan hanya pimpinan, bukan hanya wakasek atau ketua jurusan, tetapi semua personil. 

Saya dan bapak ibu pasti sepakat bahwa seiring peningkatan kesejahteraan dan peningkatan fasilitas, semestinya meningkat pula performa kinerja. Kualitas kinerja, intensitas kinerja. Sebab jika performa kinerja personil meningkat, maka barulah kita bisa berharap prestasi belajar siswa akan meningkat.

Lalu apa yang harus kita lakukan sekarang? setidaknya cukup 3 hal ini:

1. Tingkatkan kuantitas masuk kelas (intensitas) sesuai jadwal, indikatornya terlihat di data jurnal

2. Tingkatkan kualitas pembelajaran, indikatornya terlihat saat supervisi terjadwal maupun supervisi tidak terjadwal (Pengelolaan pembelajaran teori dan praktik)

3. Komitmen, Istiqamah, berkelanjutan, tidak hanya pada saat tertentu.

akhirnya saya ingin mengatakan: Bersama, kita adalah tim yang solid. Saling dukung dan bantu membantu, kita takkan tergoyahkan oleh rintangan apapun. Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Terus tingkatkan kemampuan dan raih potensi terbaik.

Kita semua bukan hanya karyawan, tapi bagian penting dari keluarga besar ini. Keluarga besar SMKN 1 Galang. Kontribusi setiap orang sangat berharga dan penting bagi kemajuan sekolah.

Bersama-sama, kita membangun masa depan yang gemilang. Dedikasi dan loyalitas di rumah besar ini akan selalu dihargai dan diapresiasi. SMK Negeri 1 Galang adalah rumah bagi kita semua. Mari jaga dan rawat bersama, ciptakan lingkungan kerja yang positif dan kondusif.

Keberhasilannya adalah hasil kerja keras kita semua. Rasa bangga dan puas akan kita rasakan bersama-sama.

Kerjasama tim adalah kunci utama kesuksesan. Peduli dan hormatilah satu sama lain. Ciptakan lingkungan kerja yang positif dan suportif, dimana setiap orang merasa dihargai.

Kesempurnaan absolut memang bukan milik kita, itu hanya milik Allah swt. Kita punya kelemahan, kita punya kekurangan, itu natural dan humanis, tetapi kita juga berkewajiban untuk berusaha memperbaiki setiap hari, setiap Waktu, agar dihari berikutnya, diwaktu berikutnya lebih baik dari hari ini.

Tahun lalu kinerja kita turun, maka tahun ini adalah peluang untuk meningkatkannya. Raihlah prestasi meski itu dengan Langkah kecil, setidaknya kita sudah bergerak maju dan tidak mundur.

Lakukan refleksi yang jujur, yang tulus, sadari kekurangan dan kelemahan, identifikasi kekuatan, kelebihan, agar kita bisa saling menguatkan satu dengan lainnya. Kuncinya: rencanakan, laksanakan, refleksi evaluasi, perbaiki dan tingkatkan. Beres.

Perbaiki kekurangan kita, dan jangan berharap orang lain memperbaikinya. Aktualisasikan dan kembangkan kelebihan kita agar lebih bermanfaat dan dirasakan dampaknya oleh semua.

Semoga Ramadhan ini memberikan berkah untuk perbaikan diri kita, Rumusnya 3 M, Mujahadah, Muhasabah, Muraqobah. Bersungguh-sungguh, Introspeksi diri, dan selalu merasa di awasi oleh yang kuasa.

Wassalam, selamat berpuasa.

Oleh: Muliadi 

0 comments:

Posting Komentar